Blog

5 Peralatan Listrik Yang Paling Banyak Menyedot Listrik Rumah

Peralatan-peralatan listrik diciptakan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam kehidupan manusia. Dengan adanya peralatan-peralatan listrik tersebut, beberapa tugas yang awalnya berat menjadi lebih ringan. Namun, dengan seringnya menggunakan peralatan listrik, otomatis konsekuensi yang harus kamu terima adalah borosnya pemakaian listrik kamu. Dengan semakin naiknya harga listrik per kWh-ya, ada baiknya kamu semakin bijak dalam menggunakan peralatan listrik.

Tarif Dasar Listrik (TDL) kerap mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan pemerintah secara bertahap menghapuskan supsidi listrik untuk dialokasikan pada bidang lain yang lebih produktif. Yang bisa dilakukan kamu sebagai pelanggan listrik adalah sebisa mungkin menghemat penggunaan. Dengan menghemat penggunaan listrik, otomatis kamu juga membantu dalam mengurangi penggunaan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui yang digunakan pembangkit-pembangkit listrik yang ada di negara kita.

Beberapa pembangkit listrik di Indonesia masih menggunakan bahan bakar dari fosil yang merupakan bahan bakar yang tidak terbahurui. Bahan bakar yang masih banyak digunakan adalah solar dan batu bara. TIngginya konsumsi bahan bakar ini tentunya akan memberikan dampak kepada lingkungan sekitar. Sehingga menjadi tugas kita semua untuk melakukan penghematan dalam penggunaan listrik demi kehidupan yang lebih baik.

 

Membatasi penggunaan

 

Membatasi penggunaan peralatan listrik yang membutuhkan banyak daya untuk menghidupkannya akan secara langsung mengurangi biaya pemakaian listrik kamu. Secara tidak sadar memang kamu banyak menggunakan peralatan ini dikarenakan mempermudah pekerjaan dan mempersingkat waktu penyelesaian tugas-tugas kamu. Namun karena daya listrik yang dibutuhkannya yang cukup besar, harus juga kamu imbangi secara bijak dalam menggunakannya.

Menggunakan listrik prabayar juga akan membuat kamu lebih irit dalam menggunakan listrik. Hal ini dikarenakan kamu bisa mengkontrol sendiri penggunaan listrik di rumah. Bila kamu merasa penggunaan listrik kamu boros, kamu akan bisa melakukan tindakan penghematan secara langsung saat itu juga. Beberapa peralatan listrik yang akan menyedot pulsa listrik kamu antara lain adalah.

 

  1. AC atau pendingin ruangan

Tidak dapat dipungkiri, AC atau pendingin ruangan adalah salah satu peralatan listrik yang banyak digunakan untuk mengkondisikan ruangan. Namun yang tidak disadari adalah terkadang kamu kurang bijak dalam menggunakan AC. AC yang menyala secara terus menerus, tanpa kamu kontrol tentunya akan membuat penggunaan listrik menjadi besar. Pemilihan kekuatan pendinginan AC yang tidak tepat juga akan membuat kerja peralatan listrik ini tidak optimal.

 

Sebelum kamu membeli AC, ada baiknya dipikirkan terlabih dahulu berapa luasan ruangan yang akan dikondisikan temperaturenya. Berikut apa saja kegiatan yang ada disana. Bila kamu menggunakan AC dengan PK kecil untuk ruangan yang besar sudah bisa dipastikan kerja dari AC tersebut akan semakin berat. Target penurunan temperatur tidak akan pernah tercapai, dan membuat blower AC bekerja terus menerus tanpa berhenti. Nilai PK yang terlalu besar juga akan membuat AC membutuhkan daya listrik yang lebih besar juga. Sebaiknya diskusikan dengan teknisi AC sebelum kamu memutuskan menambah unit AC baru.

Sebaiknya kamu juga memilih AC dengan teknologi inverter yang lebih irit listrik. Memang harganya lebih mahal, namun dengan fitur ini, keuntungan yang kamu dapat dari selisih penggunaan listrik akan lebih besar. Usahakan untuk mengkondisikan ruangan sebelum kamu menggunakan AC. Salah satunya adalah dengan tidak membiarkan pintu tidak tertutup sempurna, karena pintu yang terbuka membuat temperatur udara yang di targetkan menjadi selalu meleset karena udara dingin tertransfer ke luar ruangan.

 

  1. Pemanas Air Listrik

Apakah kamu menggunakan alat pemanas air yang menggunakan daya listrik? Bila iya, sudah bisa dipastikan penggunaan listrik kamu akan membengkak. Daya yang dibutuhkan peralatan ini termasuk besar. Saat sudah stabilnya saja pemanas air listrik membutuhkan sekitar 600 – 800 watt. Bisa dibayangkan berapa kebutuhan daya di awal pemakaiannya sebelum coil pemanas mencapai temperatur optimalnya, alat ini bisa membutuhkan 2 sampai 3 kali daya saat stabilnya.

Kamu bisa mengganti dengan menggunakan pemanas yang menggunakan gas, atau kalau kamu memiliki dana lebih bisa menggunakan pemanas air dengan tenaga matahari. Untuk pemanas tenaga matahari memang akan membuat kamu mengeluarkan dana lebih banyak, namun dengan menggunakannya jelas kamu tidak membutuhkan biaya apa-apa lagi selain biaya investasi di awal tadi. Atau bila kamu ingin lebih menghemat lagi, saat akan mandi air hangat, cukup panaskan sepanci air. Dan campurkan dengan air dingin di bak mandi. Cara ini jelas lebih irit dan efisien.

 

  1. Microwave

Microwave memang kerap muncul di dapur-dapur modern. Dengan kegunaannya yang bisa digunakan untuk beragam kegunaan, microwave seolah menjadi pelengkap sekaligus pemanis dapur kamu. Namun, yang perlu diperhatikan adalah, daya yang diperlukan oleh microwave sekitar 1000 watt. Angka yang cukup tinggi untuk sebuah peralatan listrik. Sehingga kamu pastinya harus cermat dalam menggunakannya.

Microwave sejatinya hanya kamu gunakan untuk keperluan yang membutuhkan pemanasan singkat saja. Misalkan untuk menghangatkan makanan, atau membuat cake sederhana yang tidak membutuhkan waktu lama untuk memanggangnya. Penggunaan microwave dengan daya rendah tidak akan serta merta mengurangi pemakaian daya kamu, loh. Microwave dengan daya lebih rendah otomatis akan membutuhkan waktu pemanasan yang lebih lama. Sehingga dalam perhitungan kebutuhan listriknya akan menjadi sama saja. Sehingga kamu hanya harus bijak dalam menggunakannya saja.

 

  1. Freezer

Apakah kamu pencinta es krim yang memiliki stok es krim sangat banyak di rumah? Mungkin kamu akan menggunakan freezer untuk menyimpan seluruh persediaan es krim kamu di rumah. Freezer juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan beragam makanan beku agar bisa tahan lebih lama.

Namun, menggunakan freezer box tambahan otomatis akan menambah penggunaan daya listrik kamu. Karena pastinya freezer ini akan menyala 24 jam. Daya untuk sebuah freezer kecil biasanya sebesar 220 – 300 watt. Tentunya bila menyala 24 jam, kamu bisa menghitung berapa kebutuhan listrik yang harus kamu keluarkan. Bila memang tidak terlalu kamu butuhkan, ada baiknya maksimalkan fungsi kulkas kamu saja. Atau bisa juga kamu tidak perlu menyimpan apapun di rumah. BIla ingin makan es krim, cukup membelinya sedikit saja, sehingga kamu tidak perlu menyimpan terlalu banyak di rumah.

 

  1. Pompa Air

Mungkin satu peralatan listrik yang banyak digunakan di rumah tangga adalah pompa air. Bisa jadi kamu akan menggunakan banyak sekali pompa air untuk memenuhi kebutuhan kamu. Beberapa jenis pompa yang biasa ada di rumah adalah, jet pump untuk mengalirkan ari dari pdam ke daam penampungan air kamu. Lalu kamu juga biasanya butuh pompa booster untuk memperkuat aliran sehingga air di shower bisa deras. Mungkin kamu juga membutuhkan pompa air portable yang kamu gunakan saat mencuci mobil.

Pompa-pompa air ini memang tidak memerlukan daya yang besar, kecuali pompa portable yang memang memakan daya besar karena harus memberikan tekanan semburan air yang tinggi. Namun, pemakaiannya yang sering, akan membuat penggunaan listrik menjadi boros tanpa kamu sadari.

 

Kita memang tidak bisa menghindari kenaikan tarif dasar listrik yang ditetapkan pemerintah. Namun setidaknya kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan listrik agar biaya penggunaan listrik tidak terlalu membebani keuangan kamu.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *