Blog

5 Tips Mengurangi Tagihan Listrik Rumah Tangga

Untuk Anda yang saat ini menggunakan listrik dengan sistem prabayar, mungkin merasa pemakaian listrik terasa lebih boros dibanding saat dulu menggunakan listrik pascabayar. Tapi, jangan langsung menyalahkan PLN terkait membengkaknya penggunaan listrik Anda. Bisa jadi memang Anda tidak menyadari kalau penggunaan listrik Anda selama ini memang terlalu boros. Bila dilanjutkan tanpa ada perubahan maka Anda akan terus menerus harus menanggung biaya listrik yang membengkak tiap bulannya.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah, berapa kah daya listrik yang terpasang di rumah Anda saat ini. Bisa jadi mengapa listrik Anda terasa lebih mahal karena pada saat mengganti meteran listrik dengan listrik pintar prabayar Anda juga mengajukan penaikan daya listrik. Kenaikan daya akan menyebabkan perbedaan dalam tarif listrik yang harus Anda tanggung. Bila sebelumnya Anda menggunakan listrik 900 VA bersubsidi, maka bila Anda menggunakan meteran prabayar 1300 VA sudah pasti Anda akan merasakan perbedaan dalam tarif per kWh-nya.

Mengurangi Pemakaian
Cara tercepat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk listrik rumah adalah dengan mengurangi pemakaian. Keuntungan bila Anda menggunakan listrik prabayar adalah Anda bisa mengetahui dengan cepat bagaimana penggunaan listrik Anda yang sebenarnya. Dengan melihat meteran listrik, Anda bisa langsung tahu berapa jumlah daya yang telah terkuras karena aktvitas Anda.
Bila Anda merasa, penggunaan listrik Anda terlalu boros, Anda bisa menguranginya saat itu juga. Akan berbeda dari saat Anda menggunakan listrik pasca bayar, yang berarti Anda harus benar-benar menunggu sampai sebulan untuk keluar tagihan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pemakaian listrik Anda. Beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan antara lain adalah:

1. Mengganti lampu Anda dengan lampu LED
Dengan sedikit biaya tambahan, Anda bisa mendapatkan lampu LED yang menggunakan konsumsi daya listrik yang lebih sedikit. Memang harga lampunya lebih mahal dari lampu neon atau bohlam biasa, namun dengan umur pakai lampu LED yang lebih panjang, pastinya Anda tidak akan sering juga melakukan penggantian. Sebagai perbandingan tingkat kecerahan lampu LED 4 watt akan setara dengan lampu biasa 25 watt.

2. Memberikan banyak bukaan pada rumah Anda
Satu cara yang akan menghemat penggunaan daya listrik Anda adalah dengan mengkondisikan rumah Anda agar tetap nyaman walau tampa bantuan AC atau kipas angin. Anda bisa memberikan banyak bukaan pada rumah Anda agar udara bisa mengalir secara alami, dan sinar matahari dapat dengan leluasa masuk ke dalam rumah Anda. Dengan cara ini, tentunya Anda tidak perlu untuk menyalakan AC terlalu sering, dan tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari.

3. Gunakan laptop daripada komputer PC
Anda sering membawa pekerjaan kantor ke rumah? Bila Anda membutuhkan komputer untuk meringankan pekerjaan Anda, ada baiknya gunakan laptop daripada harus menyalakan komputer PC. Kebutuhan daya laptop jelas jauh lebih kecil daripada komputer PC.

4. Kerjakan semua pekerjaan rumah di waktu siang
Mungkin untuk Anda yang sibuk dan tidak memiliki asisten rumah tangga, terkadang semua pekerjaan rumah tangga dilakukan pada waktu malam. Mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci baju dengan mesin cuci atau menyetrika baju diwaktu malam cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk selesai dibandingkan bila dikerjaan saat pagi hari.
Selain faktor kelelahan yang sudah menumpuk pada diri Anda, kurangnya fokus dan konsentrasi menyebabkan pekerjaan Anda tidak terjaga dengan baik. Selain itu mencuci baju pada malam hari akan membuat Anda harus menggunakan pengering. Tentunya bila Anda mencuci pada pagi hari, fungsi pengering tidak akan terlalu diperlukan karena matahari akan mengambil alih tugas pengering.

5. Beli pulsa listrik dengan nominal besar.
Kelemahan menggunakan listrik pra bayar adalah adanya biaya tambahan yang akan Anda bayar setiap kali membeli voucer listrik. Dengan membeli voucer bernominal besar, Anda tidak perlu terlalu sering membeli voucer. Tentunya biaya-biaya administrasi yang harus Anda bayar menjadi sangat berkurang. Dari pengalaman Anda saat menggunakan listrik pasca bayar pastinya sudah bisa Anda prediksi berapa yang biasa Anda bayar perbulannya. Gunakan itu sebagai patokan awal Anda membeli pulsa listrik perbulannya.

Beberapa tips diatas pastinya akan sangat mengurangi penggunaan listrik Anda. Selain tips tersebut, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips lain seperti:
– Tidak menyalakan fungsi pendingin dan pemanas pada dispenser. Anda bisa mendinginkan air di kulkas atau memanaskan air dengan kompor bila ingin membuat minuman panas. Fungsi pemanas dan pendingin pada dispenser yang tidak selalu Anda gunakan hanya akan menyia-siakan pulsa listrik Anda.
– Mencabut rice cooker setelah nasi matang. Memakan nasi hangat memang terasa lebih nikmat, namun tentunya nasi tidak perlu selalu hangat tiap saat. Saat Anda ingin memakannya baru Anda hangatkan sebentar dengan di kukus. Jauh lebih hemat dibandingkan menyalakan terus penghangat nasi.
– Hindari menonton TV saat sudah terlalu mengantuk. Karena hal ini akan mengakibatkan televisi akan menyala terus menerus sementara Anda sudah terlelap. Ada baiknya Anda tidak meletakan televisi di dalam kamar tidur.

Selamat mencoba, semoga penggunaan listrik Anda akan semakin berkurang. Butuh slo pln ? klik disini

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *