Blog

Bagaimana cara pengajuan SLO?

Prosedur pengajuan SLO sebenarnya tidaklah terlalu rumit asalkan pelanggan listrik baru memahami langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pemohon mengajukan permintaan pemeriksaan instalasi listrik dengan melampirkan dokumen berupa gambar pemasangan instalasi listrik yang dibuat oleh Instalatir (BUJK) ke salah satu Lembaga Inspeksi Listrik. Lalu Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran.
  2. Setelah formulir diisi dengan lengkap, Anda diharuskan membayar Biaya Pemeriksaan Instalasi sesuai dengan tarif yang berlaku.
  3. Lembaga Instalasi Listrik akan mengirim petugas untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian instalasi lalu mencatat semua hasil pemeriksaan.
  4. Kemudian petugas akan melakukan verifikasi yang menyatakan apakah instalasi telah Laik Operasi, ataukah Laik Operasi dengan Perbaikan Minor, atau Perlu Perbaikan Ulang.
  5. Jika hasil pemeriksaan petugas menyatakan instalasi listrik telah memenuhi standar yang berlaku, maka Lembaga Inspeksii Teknik akan mengeluarkan SLO.
  6. Apabila hasil pemeriksaan ternyata tidak sesuai dengan standar, maka Lembaga Inspeksi Teknik akan memberikan surat pemberitahuan kepada Anda.
  7. Setelah instalasi selesai diperbaiki, akan dilakukan pemeriksaan ulang. Apabila hasilnya sudah baik akan diterbitkan SLO sebagai tanda bukti bahwa instalasi listrik telah aman dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Bila instalasi bangunan baru Anda memang dilakukan oleh instalatir berbadan usaha atau Badan Usaha Jasa Kelistrikan (BUJK), maka instalitir tersebut pastinya sudah mengerti bagaimana memasang instalasi yang sesuai standar. Sehingga kepengurusan SLO tidak akan mengalami kendala.

 

Bagaimana bila Anda belum memiliki SLO tapi listrik Anda sudah terpasang?

Bila bangunan Anda sudah terpasang listrik, padahal belum ada SLO-nya, ada baiknya Anda segera melakukan sertifikasi SLO dan melakukan perbaikan terhadap instalasi listriknya bila diperlukan.

Sertifikat Laik Operasi atau SLO tentunya sangat penting agar pemasangan instalasi listrik disetiap bangunan sesuai standar dan aman. Pemasangan instalasi listrik yang kurang tepat dan dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak kompeten akan menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan atau kebakaran. Karenanya, pastikan instalasi listrik Anda benar-benar dilakukan oleh kontraktor listrik resmi yang telah berpengalaman.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *