Blog

Benarkah Listrik Prabayar Lebih Mahal? Ini Keuntungan Listrik Prabayar dibanding Pascabayar

Saat ini, kebutuhan akan listrik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, kebayang kan bagaimana repotnya saat pulsa listrik Anda habis. Terkadang Anda merasa baru kemarin mengisi pulsa, dan sekarang sudah habis lagi. Benarkah listrik prabayar lebih mahal dari listrik pascabayar?

Setelah meteran listrik berganti dengan sistem pulsa, terkadang mindset Anda belum ikut terganti, sehingga terlupa kalau listrik prabayar bukanlah seperti listrik pascabayar yang bisa terus menyala. Belum lagi dengan menggunakan sistem pulsa berarti Anda membayar di depan untuk bisa menikmati listrik, hal ini lah yang terkadang menimbulkan presepsi bahwa listrik prabayar terasa lebih mahal.

Padahal, tarif yang diberikan oleh PLN untuk pelanggan prabayar dan pascabayar pada daya yang sama besaran tarifnya juga sama. Lantas mengapa listrik prabayar terasa lebih mahal?

Listrik prabayar mempermudah konsumen

Bila Anda pelanggan baru PLN, Anda pasti akan disarankan untuk menggunakan listrik pintar. Karena memang program PLN di tahun 2018, seluruh instalasi meteran listrik ditiap rumah akan menjadi prabayar. Sistem listrik prabayar memang dianggap PLN akan mempermudah pelanggan untuk mendapatkan pelayanan listrik yang mudah dan cepat.

Anda tidak perlu lagi mengantri untuk membayar tagihan listrik, cukup membeli voucer listrik yang saat ini sudah banyak yang menjualnya, dan listrik sudah bisa Anda pergunakan. Selain itu, karena Anda bisa membaca berapa nilai kWh yang Anda miliki, maka Anda bisa lebih bijak dalam menggunakan listrik.

Dengan membayar sejumlah uang didepan untuk mendapatkan sejumlah kWh, maka Anda akan bisa berhitung harus berapa lama jumlah kWh tersebut bisa bertahan. Caranya pasti dengan penghematan dalam menggunakan peralatan yang memerlukan listrik.

Dari sisi PLN sendiri, peralihan pascabayar menuju prabayar ini banyak menguntungkan PLN. Hal yang paling terasa adalah, berkurang drastisnya jumlah pelanggan yang menunggak listrik. Ada banyak alasan penunggakan yang biasa dialami oleh PLN, seperti tidak sempatnya pelanggan ke loket pembayaran, atau tidak mempunyai cukup dana untuk melakukan pembayaran, atau karena rumah telah lama tidak ditinggali penghuninya.

Hal yang terkadang tidak diketahui pengguna pascabayar adalah, Anda akan tetap dikenakan biaya kWh minimum perbulannya. Jadi walaupun Anda tidak menggunakan listrik selama sebulan penuh, Anda tetap dikenakan biaya beban minimum diluar biaya abodemen tentunya. Hal ini tidak akan terjadi saat Anda menggunakan listrik prabayar. Semua nilai yang Anda konversikan kedalam bentuk pulsa akan sepenuhnya Anda nikmati tanpa adanya jangka waktu pemakaian.

Apa keuntungan listrik prabayar?

Menggunakan listrik prabayar tentunya memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan, terutama bila dilihat dari sisi Anda sebagai konsumen. Keuntungan yang bisa dirasakan adalah:

1. Anda bisa mengontrol penggunaan listrik

Dengan menggunakan listrik prabayar, Anda akan tahu berapa nominal pulsa listrik yang dapat Anda pergunakan. Hal ini tentunya bisa menimbulkan kesadaran untuk mempergunakan listrik dengan bijak.

2. Menghindari munculnya tagihan susulan

Permasalan yang kerap terjadi dalam penggunaan listrik pascabayar adalah, petugas pencatat terkadang melakukan kesalahan dalam pencatatan. Sering kali petugas tidak bisa membaca meteran dengan jelas sehingga hanya direka-reka angka penggunaan listrik Anda. Hal ini jelas akan merugikan Anda, karena bisa saja saat pencatatan selanjutnya Anda akan mendapatkan tagihan yang melebihi biasanya karena ada beban susulan yang ditagihkan. Dengan menggunakan listrik pascabayar, kesalahan ini akan tereliminasi. Anda sendiri lah yang akan mengatur pemakaian listrik Anda.

3. Mudah dan cepat

Saat ini penjual pulsa listrik ada dimana. Anda bisa menggunakan jasa website jualan online, atau bahkan cukup datang ke warung waralaba terdekat. Semua serba mudah, dan cepat. Setelah mendapatkan nomer kode isian, Anda tinggal memasukan nomer tersebut ke dalam meteran, dan listrik Anda langsung terisi. Semua terasa cepat dan mudah, Anda bahkan tidak perlu meluangkan waktu di jam kerja untuk membayar listrik melalui loket.

4. Lebih aman dengan meteran yang baru

Tahukah Anda kalau meteran listrik prabayar menggunakan teknologi yang lebih canggih? Meteran ini dapat mendeteksi bila terjadi kesalahan instalasi di dalam rumah Anda. Meteran akan menunjukan tanda peringatan dan Anda tidak bisa mengisi pulsa sampai permasalahan tersebut terselesaikan. Hal ini jelas akan memberikan rasa aman bagi Anda sebagai pengguna listrik. Karena bisa saja kesalahan instalasi yang tidak terdeteksi oleh meteran yang lama bisa menimbulkan terjadinya kebakaran.

Kelemahan listrik prabayar

Bila ada  kelebihan pastinya ada juga kekurangannya, begitu juga dengan listrik prabayar. Bila listrik Anda mau habis biasanya meteran akan berbunyi lumayan kencang. Terkadang hal ini menimbulkan perasaan tidak nyaman terutama bila berbunyi saat malam dan Anda malas mengisi pulsa saat itu juga. Anda terpaksa harus mendengar bunyi itu sepanjang malam.

Anda juga harus sering memeriksa sisa pulsa Anda agar tidak kehabisan dan listrik Anda mati tiba-tiba tanpa Anda sadari. Ketidak nyamanan ini pastinya tidak akan Anda dapatkan bila Anda menggunakan listrik pascabayar. 

Apapun sistem pembayaran listrik yang Anda gunakan, pastinya adalah tugas kita semua para pengguna listrik untuk bisa menggunakan listrik secara bijak. Walaupun Anda mampu membayar berapapun tagihan listrik yang dibebankan kepada Anda, namun bukan berarti Anda bebas menggunakan listrik sesuka hati Anda. Dengan melakukan penghematan, Anda telah menyelamatkan bumi kita juga.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *