Blog

Jenis-jenis Kabel Listrik Rumah, Sudahkah Sesuai PUIL?

Anda ingin memasang instalasi listrik baru ke dalam rumah Anda? Tahukah Anda pertanggal 1 Januari 2017, PLN memberlakukan persyaratan memiliki SLO atau Surat Laik Operasi agar instalasi listrik Anda dapat dialiri oleh PLN? SLO sendiri diterbitkan oleh Lembaga Inspeksi Teknik yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk melakukan pemeriksaan  dan pengetesan terhadap instalasi listrik di rumah Anda. Bila dianggap telah memenuhi standar yang diberlakukan, maka SLO akan dikeluarkan oleh Lembaga ini.

Mungkin Anda akan bertanya, lantas seperti apa instalasi listrik yang sesuai dengan standar itu? Sebagai syarat dikeluarkannya SLO, Lembaga Inspeksi Teknik akan berdasar kepada standar yang telah ditetapkan dalam Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) tahun 2011. PUIL 2011 adalah revisi dari PUIL 2010 yang selama ini digunakan sebagai dasar diterbitkannya SLO.

PUIL adalah standar yang harus dipenuhi

Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) adalah dokumen SNI yang dijadikan standar acuan dalam pemasangan instalasi listrik tegangan rendah untuk rumah tangga, kantor dan gedung publik lainnya. Setiap instalatir, atau kontraktor jasa pemasangan instalasi listrik harus memenuhi persyaratan ini. Tujuan PUIL sendiri adalah:

– Melindungi manusia dari bahaya sentuhan dan kejutan karena arus listrik.

– Menjaga keamanan dari instalasi dan peralatan listrik.

– Menjaga bangunan beserta isinya dari bahaya kebakaran yang diakibatkan kesalahan instalasi listrik.

– Menjaga kepastian ketenagaan listrik yang aman dan efisien serta menghindari terjadinya pemadaman yang tidak direncanakan.

Didalam PUIL 2011 termuat ketentuan untuk pemasangan instalasi listrik berikut dengan pemilihan peralatan dan perlengkapan instalasi listrik tegangan rendah. Dalam PUIL 2011 juga diperkenalkan penggunaan teknologi yang lebih maju dalam peralatan dan perlengkapan dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan instalasi. Persyaratan untuk pemasangan kabel, lampu, saklar, stop kontak, saklar, saluran utama,  PHB, MCB dan peralatan listrik lain diatur dalam PUIL.

Persyaratan kabel yang memenuhi PUIL

Kabel merupakan satu komponen listrik yang paling penting. Karena hanya dengan melalui kabel lah aliran listrik akan dialirkan. Pesyaratan kabel yang boleh digunakan dalam instalasi listrik berdasarkan PUIL adalah sebagai berikut:

  • Sebagai penghantar harus digunakan kabel berisolasi ganda yang terdiri atas dua atau tiga inti tembaga pejal. Dengan ukuran penampang tiap intinya minimum adalah 1,5 mm2.
  • Kabel yang dicabangkan harus berada dalam kotak pencabangan dengan teknik penyambungan yang baik.
  • Kabel untuk lampu tidak boleh lebih kecil dari 0,5 mm2.
  • Kabel listrik dengan penghantar dari tembaga dan berisolasi PVC yang terinstal secara permanen di dalam rumah harus berukuran minimal 2,5 mm2. Syarat ini berlaku untuk berapapun jumlah daya listrik yang terpasang dan kabel ini hanya boleh dialiri listrik maksimal 10 A.

Jenis-jenis kabel yang biasa digunakan

Pada umumnya kabel listrik yang biasa digunakan pada instalasi listrik untuk rumah tangga di bedakan menjadi 3 jenis. Kabel NYA, kabel NYM dan kabel NYY. Ketiga jenis kabel ini mempunyai kekuatan dan memiliki tujuan penggunaan tertentu.

1. Jenis Kabel  N.Y.A

Kabel N.Y.A  adalah salah satu jenis kabel berinti tunggal yang biasa digunakan untuk instalasi listrik untuk rumah tangga. Kabel N.Y.A rata-rata memiliki diameter 1,5 mm atau 2,5 mm dan berlapis dengan isolator dari PVC. Warna-warna berbeda seperti merah, kuning, biru dan hitam pada kabel ini menandakan jenis isolator yang digunakannya. Kabel ini biasa digunakan dalam instalsi listrik rumah tangga karena harganya yang relatif paling murah dibanding jenis kabel lainnya.

Namun, karena lapisan isolasinya hanya satu lapis, karenanya kabel ini mudah terkelupas. Cacatnya kabel ini bisa diakibatkan karena goresan, gigitan tikus atau bahkan karena pengaruh cuaca. Agar lebih aman, biasanya pemasangan kabel ini dimasukkan kedalam pipa/conduit dari bahan PVC agar lebig terhindar dari gangguan luar. Selain itu apabila terkelupas tidak langsung tersentuh manusia.

2. Jenis Kabel N.Y.M

Kabel N.Y.M. memiliki lebih dari satu inti, bisa dua, tiga atau empat inti didalam satu selongsong kabel. Biasanya digunakan untuk kabel dalam instalasi listrik rumah tangga atau gedung. Masing-masing inti kabel ini dilapisi oleh isolator berbahan PVC. lalu bagian luar dari gabungan inti-inti ini juga diberikan lapisan isolator PVC.

Karena lapisan isolatornya yang lebih dari satu ini, karenanya kabel ini lebih  memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Kabel N.Y.M. ini dapat Anda pergunakan di lingkungan yang kering ataupun juga basah, namun Anda tidak boleh menanam kabel ini. Karena lapisan isolatornya yang lebih banyak, harganya jelas lebih mahal dari kabel bertipe N.Y.A.

3. Jenis Kabel N.Y.Y

Kabel berjenis N.Y.Y. dilapisi dengan isolator PVC yang berwarna hitam pada bagian luarnya. Sama seperti kabel jenis N.Y.M., kabel ini pun memiliki inti yang lebih dari satu. Bisa dua, tiga atau empat dengan masing-masing diisolasi tersendiri.

Kabel dengan jenis N.Y.Y. diperuntukan sebagai kabel tanam, dan memiliki ketahan terhadap gigitan tikus. Karena isolasi bagian luarnya terbuat dari bahan yang tidak disukai oleh tikus.Kabel ini cocok untuk aplikasi kabel yang langsung ditanam kedalam tembok atau dalam permukaan tanah.

Selalu pergunakan kabel dengan kualitas yang terbaik dan bersertifikat SNI. Hal ini menyangkut kepada keamanan dan keselamatan semua penghuni yang ada di rumah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memasang instalasi listrik baru di rumah Anda.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *