Blog

Cara Memilih Besaran Daya Listrik Rumah Yang Tepat

Listrik memang telah menjadi kebutuhan dasar manusia saat ini. Keberadaan listrik memang tidak akan dapat dipisahkan lagi daru kehidupan manusia modern. Hampir semua peralatan yang digunakan untuk memudahkan kegiatan manusia pasti membutuhkan daya listrik. Namun, sudah tepatkah besaran daya listrik yang mengalir di rumah Anda?

Biasanya saat Anda membeli rumah melalui developer, Anda mungkin tidak memperhatikan dengan seksama berapa besaran daya yang terpasang di rumah yang akan Anda tempati. Kebanyakan developer memang hanya memasang listrik dengan kapasitas 1300 watt. Mungkin bagi Anda yang baru memulai berumah tangga, kebutuhan listrik 1300 watt sudah bisa mencukupi, tetapi saat anggota keluarga Anda bertambah, bisa jadi kebutuhan listrik Anda akan meningkat tajam.

Cara menghitung daya listrik di rumah

Setiap rumah yang telah mendapatkan aliran listrik dari PLN pasti dilengkapi dengan meteran listrik dan MCB (Miniature Circuit Breaker). Fungsi dari meteran listrik yang sekarang sudah berbentuk prabayar adalah menunjukan berapa sisa daya yang masih dapat Anda gunakan. Sedangkan MCB  atau sering hanya disebut dengan Breaker adalah alat yang berfungsi untuk membatasi arus listrik yang dapat digunakan. MCB juga berfungsi sebagai pengaman dalam Instalasi Listrik. MCB akan bekerja secara otomatis dalam memutuskan arus listrik jika terjadi hubungan singkat (Short Circuit) dan juga memutuskan aliran jika penggunaan daya listrik Anda melebihi batas yang telah ditentukan.

PLN akan memasan kapasitas pada MCB  sesuai dengan batas daya listrik yang Anda ajukan saat pemasangan. ANda bisa melihatnya melalui berapa nomimal Ampere yang tertera di MCB Anda. Anda akan bisa mengkonversi berapa daya listrik yang mengalir ke rumah Anda dari nilai Ampere yang tertera. Sebagai contohnya, misal nilai yang tertulis di MCB adalah 6A, dengan tegangan 220 Volt. Maka daya listrik Anda yang terpasang adalah sebesar 6 A x 220 Volt = 1320 VA.

Berapa sebenarnya daya listrik yang bisa dipakai?

Pertama yang harus Anda pahami, angka 1320 VA yang terhitung sebagai daya maksimal penggunaan listrik Anda tidak akan semuanya bisa Anda pergunakan. Ada faktor pengurang atau yang biasa disebut dengan Faktor Daya yang menyebabkan Anda hanya bisa menggunakan dya listrik dibawah nilai yang tertera. Faktor daya biasanya sebesar 0,8. Sehingga bila Anda mempunya 1320 VA, maka yang bisa Anda manfaatkan hanya sebesar 1320 VA x 0,8 = 1056 watt saja.

Hal ini yang terkadang terlupakan oleh para pengguna listrik. Sering kali merasa total penggunaan belum mencapai 1300 watt, namun breker sudah turun. Padahal yang sebenarnya bisa digunakan hanya 1056 watt saja. Untuk itu Anda harus bisa mulai menghitung ulang kembali apa saja peralatan listrik yang boleh menyala secara bersamaan di rumah Anda.

Perhitungan kebutuhan listrik

Untuk menghitung apakah daya listrik Anda susah memadai, Anda harus menghitung berapa jumlah pemakaian listrik Anda saat puncak pemakaian. Biasanya puncak pemakaian listrik adalah saat jam 5 sore sampai jam 9 malam. Caranya adalah Anda membuat list, apa saja alat elektronik yang biasanya menyala saat beban puncak tersebut. Misalkan Anda bisa menghitung sebagai berikut:

Daftar peralatan listrik yang menyala :

1 unit AC, 3/4 PK                       = 600 watt

1 unit TV                                   =  60 watt

7 lampu (@20 watt)                   = 140 watt

1 unit rice cooker                       = 300 watt

1 unit kulkas                              = 120 watt

1 unit dispenser                         = 200 watt

—————————————————–   +

Total                             = 1420 watt

Bila melihat list pemakaian, sudah bisa dipastikan kalau beban peralatan yang diigunakan melebihi maksimal daya yang tersedia. Maka tidak heran bila braker sering turun saat pemakaian puncak. Anda bisa mematikan salah satu alat elektronik yang bisa dikorbankan agar kegiatan Anda tidak terganggu. Misal bila Anda harus memasak nasi menggunaka rice cooker, maka Anda bisa mematikan AC  terlebih dahulu. Atau bila Anda harus menyalakan AC, maka TV dan rice cooker harus Anda matikan terlebih dahulu.

Hal ini memang bisa menyebabkan ketidaknyamanan, karena Anda harus selalu menghitung-hitung daya bila ingin menyalakan peralatan listrik. Terlebih lagi bila anggota keluarga bertambah yang berarti memang harus ada peralatan listrik yang bertambah, perhitungan Anda akan makin sulit. Karena bisa saja anggota keluarga baru ini tidak tolelir terhadap penggunaan listrik. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan penambahan daya listrik di rumah Anda.

Menambah daya listrik apakah solusi utama?

Hal yang perlu Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum menaikan daya adalah seberapa besar kebutuhan listrik Anda sebenarnya. Karena dengan semakin tingginya daya listrik terpasang, memang akan semakin mudah Anda menggunakan banyak peralatan listrik dalam waktu yang bersamaan. Namun hal ini akan berpengaruh juga kepada biaya yang harus Anda keluarkan perbulannya hanya untuk mengisi pulsa listrik. Ada baiknya memang Anda perhitungkan matang-matang, agar daya yang tepasang sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Dengan membuat daftar peralatan elektronik yang harus menyala bersamaan seperti yang telah Anda buat diatas, Anda akan dengan mudah mengetahui berapa daya listrik yang Anda perlukan.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan peralatan elektronik yang hemat listrik. Beberapa peralatan elektronik saat ini telah mampu mereduksi kebutuhan daya listrik yang diperlukannya untuk bisa bekerja dengan baik. Beberapa AC ada yang bahkan hanya perlu daya kurang dari 200 watt untuk bisa mendinginkan ruangan Anda. Beberapa merk mesin cuci dan lemari es juga ada yang bisa bekerja dibawah daya 100 watt. Dengan mengganti beberapa peralatan elektronik lama Anda, bisa jadi Anda tidak perlu harus menambah daya listrik ke PLN. Semoga Anda semakin bijak dalam menggunakan listrik. Dengan menghemat penggunaan daya, maka Anda juga ikut menjaga kelangsungan sumber daya energy yang ada di bumi.

Pada umumnya PLN menyediakan beberapa pilihan daya listrik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Bila Anda ingin menaikan daya Anda bisa memilih 2200 VA (10A) atau 3500 VA (16A).

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *