Riksa Uji & Sertifikasi K3

Dalam bekerja pasti sudah sangat sering mendengar istilah K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), hal tersebut sangatlah penting dalam bekerja. Saat melaksanakan K3, Uji Riksa termasuk ke dalam salah satu upaya menjaga keselamatan para pekerja. Dengan adanya Uji Riksa sangatlah berpengaruh terhadap para pekerja karena dalam suatu pekerjaan pasti terdapat beberapa produk dan peralatan yang bebannya berat, sehingga perlu diadakannya Uji Riksa agar para pekerja aman dan nyaman.
Uji Riksa berasal dari dua kata yang berbeda, yaitu Pengujian dan Pemeriksaan. Pengujian memiliki arti penilaian untuk mengukur kemampuan dari produk atau benda yang sedang diuji. Macam-macam dari pengujian ini ada lima, yaitu :

1. Pengujian Jenis
Uji Jenis adalah pengujian yang bisa dibilang lengkap untuk menentukan sebuah produk atau benda telah benar-benar memenuhi persyaratan yang ditentukan. Bila sudah melakukan pengujian ini tidak perlu diulang kembali, kecuali bila ada perubahan pada produk atau benda tersebut maka perlu dilakukan pengujian jenis ulang.

2. Pengujian Rutin
Uji Rutin adalah pengujian yang harus dilakukan secara rutin pada setiap produk atau benda. Pengujian Rutin ini harus dilakukan setiap pabrik pembuat produk atau benda tersebut.

3. Pengujian Contoh
Uji Contoh adalah pengujian yang dilakukan kepada contoh yang diambil dari hasil produk atau benda untuk menentukan produk tersebut mempunyai sifat yang sama dengan uji jenis seperti yang ditentukan dalam kontrak.
Pengujian ini pada dasarnya dilakukan saat serah terima produk atau benda, pengujian ini adalah sebagai bentuk verifikasi terhadap hal yang semestinya telah dilakukan oleh pihak pabrik pembuat produk atau barang. Pengambilan hasil dari Uji Contoh dan kriteria nilai uji serah terima produk atau barang harus sesuai dengan aturan yang berlaku dan standar yang telah di tetapkan.

4. Pengujian Khusus
Uji Khusus adalah pengujian yang dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli, karena hal ini menyangkut waktu yang lama, biaya yang mahal, dan resiko rusak.

5. Pengujian sesudah Instalasi
Uji sesudah Instalasi adalah pengujian yang dilakukan setelah produk atau barang sudah dipasang ditempatnya, untuk membuktikan produk atau barang sistem kerjanya sudah berjalan dengan baik seperti apa yang direncanakan.

Adapun beberapa produk atau barang yang tidak bisa diuji di tempat pemasangannya melainkan harus diuji di pabrik. Jika diuji di pabrik maka jenis peralatan, item pengujian, dan waktu pengujiannya harus tertera di dalam kontrak. Pengujian seperti ini sering disebut dengan Factory Acceptance Test (FAT), yaitu pengujian yang serah terimanya dilakukan di pabrik. Dalam pengujian ini meliputi uji rutin dan uji khusus.

Sedangkan Pemeriksaan memiliki arti pemeriksaan terhadap standar yang telah ditetapkan untuk sebuah benda. Pemeriksaan ini dapat melibatkan alat ukur produk dan tes pada produk. Hasil dari pemeriksaan biasanya akan dibandingkan dengan standar tertentu untuk melihat apakah item ini sejalan dengan target yang ditentukan.

Maka dapat disimpulkan, secara umum Uji Riksa dapat diartikan sebagai pemeriksaan yang dilakukan pada suatu produk atau peralatan kerja agar para pekerja aman saat menjalankan pekerjaannya. Dalam hal ini tentunya Uji Riksa wajib hukumnya untuk dilakukan. Setelah selesai melakukan Uji Riksa, selanjutnya hasil dari Uji Riksa tersebut akan di evaluasi apakah produk atau alat tersebut aman atau tidak. Jika evaluasi membuktikan bahwa produk atau alat tersebut aman, tentunya produk tersebut sudah layak digunakan.

RIKSA UJI BIDANG ELEVATOR & ESKALATOR

  1. Riksa Uji Elevator
  2. Riksa Uji Eskalator
  3. Riksa Uji Travelator

RIKSA UJI BIDANG PESAWAT ANGKAT ANGKUT

  1. Riksa Uji Forklift
  2. Riksa Uji Lift Barang
  3. Riksa Uji Tower Crane
  4. Riksa Uji Mobile Crane
  5. Riksa Uji Overhead Crane
  6. Riksa Uji Conveyor

RIKSA UJI BIDANG LISTRIK

  1. Riksa Uji Instalasi Penyalur Petir
  2. Riksa Uji Instalasi Listrik

RIKSA UJI BIDANG PESAWAT UAP & BEJANA TEKAN

  1. Riksa Uji Boiler
  2. Riksa Uji Bejana Tekan
  3. Riksa Uji Tangki Timbun

RIKSA UJI INSTALASI PROTEKSI KEBAKARAN

  1. Riksa Uji Fire Alarm
  2. Riksa Uji Hydrant
  3. Riksa Uji Splinker